PDF Creator

HTML to PDF

Seringkali kita menemukan halaman-halaman yang menarik di website dan ingin menyimpannya dalam tampilan sesuai aslinya. Bila kita menyimpan file tersebut dalam webpage complete, halaman yang ingin kita inginkan tersimpan dalam file-file yang banyak. Tapi jika kita menyimpan dalam format PDF, halaman yang kita inginkan dapat tersimpan dalam satu file saja yang mencakup teks maupun gambar.

Untuk membuat PDF dapat digunakan Adobe Acrobate Professional yang tentu saja program tersebut tidak gratis. Program pdf maker yang gratis dan friendly adalah PDF Creator. Download program tersebut dan install ke komputer. Setelah terinstall sempurna, shortcut PDF akan tampil di Internet Explorer atau web broses lainnya (lihat lingkaran merah pada gambar). Hal ini akan memudahkan kita untuk menyimpan file website (html) langsung ke format pdf yang lebih simpel.

1. Buka website yang diinginkan


2. Klik shortcut PDF creator dan beri nama sesuai keinginan (atur print preview sebelum disimpan dalam format pdf)

3. Tunggu beberapa detik.... dan halaman website yang kita inginkan sudah tersimpan dalam format PDF.


DOC to PDF

PDF Creator bukan hanya dapat digunakan untuk menyimpan halaman website dalam format PDF. Program ini bisa berperan sebagai visual printer yang mampu mencetak file-file Microsoft Office dalam format PDF. Berikut ini cara bagaimana menggunakan PDF Creator untuk mengubah file Word Document (*.doc) menjadi file PDF (*.pdf)

1. Buka file document yang akan disimpan dalam format PDF

2. Pilih menu File --> Print atau tekan "Ctrl + P"

3. Pada nama printer, pastikan printer yang dipilih adalah "PDFCreator" bukan jenis printer yang lainnya (lihat pada lingkaran merah)

4. Tunggu beberapa saat dan ikuti perintah yang muncul. Bila berhasil, file yang bersangkutan akan langsung terbuka dalam bentuk PDF seperti berikut.


0 komentar: